Tips Mencegah Mata Terkena Computer Vision Syndrome (CVS)



Computer vision syndrome (CSV) atau sindrom penglihatan komputer adalah efek dari menatap layar komputer untuk waktu yang lama tanpa istirahat sehingga mata menjadi lelah. Ada beberapa cara untuk meminimalkan kerusakan yang akan terjadi, dan kebanyakan dari itu cukup mudah dan layak dilakukan. Banyak efek yang berbeda dapat disebabkan oleh sindrom penglihatan komputer, dan tingkat keparahan bisa sangat berbeda tergantung pada orang dan seberapa sering ia menatap layar komputer. Efeknya bisa termasuk sakit kepala, mulai dari gangguan ringan hingga migrain penuh, mata kering, kelelahan kronis, masalah penglihatan, dan nyeri punggung dan leher.

Ada beberapa langkah yang dapat dilakukan pengguna komputer untuk meminimalkan dampak sindrom penglihatan komputer, dan yang paling mudah sering melibatkan hanya mengubah lingkungan. Salah satu penyebab terbesar kasus yang parah adalah pencahayaan yang buruk di lingkungan sekitar. Mengurangi silau dan lampu yang keras bisa sangat membantu. Mengganti lampu neon dengan pencahayaan spektrum penuh, dan memastikan cahaya yang membaur dan bahkan, akan meminimalkan kerusakan yang disebabkan oleh menatap layar komputer.

Memastikan tidak ada sesuatu di lingkungan yang akan menyebabkan mata mengering dengan cepat merupakan langkah bagus lain untuk mengurangi kerusakan sindrom penglihatan komputer. Karena mata cenderung tetap terbuka untuk jangka waktu yang lama saat memusatkan perhatian pada layar komputer, mereka bisa mengering dengan cepat, menyebabkan kerusakan. Jika ada ventilasi bertenaga tinggi, atau kipas angin, atau aliran udara alami yang melintas di mata Anda dan menyedot kelembapannya, Anda akan lebih mudah mengalami masalah ini.

Istirahat sejenak untuk memusatkan perhatian pada titik lebih jauh adalah cara lain yang baik untuk menghindari sindrom penglihatan komputer. Hal ini sering disebut sebagai peraturan 20-20-20, yang berarti kira-kira setiap 20 menit Anda harus memilih titik sekitar 20 kaki jauhnya dan fokus padanya selama 20 detik. Dengan membantu mata mengubah jarak fokus mereka, latihan ini mengurangi efek penglihatan kabur dan kesulitan dalam fokus yang disebabkan oleh sindrom penglihatan komputer. Cobalah untuk beristirahat secara teratur dari apa pun yang Anda lakukan di komputer juga, karena penyebab utama masalah ini adalah pemaparan yang berkepanjangan pada layar tanpa istirahat.

Cara mudah lainnya untuk menghindari sindrom penglihatan komputer termasuk penggunaan tetes mata secara teratur untuk menjaga kelembapan mata dan menggunakan program screen saver khusus untuk membantu Anda mengingat kapan harus beristirahat. Ini juga dapat membantu menempatkan monitor Anda sedikit lebih rendah di meja Anda daripada garis mata Anda, sehingga Anda terlihat sedikit kecewa. Orang dengan masalah penglihatan juga bisa mendapatkan kacamata komputer khusus, yang akan membantu mencegah masalah ini. Kacamata ini biasanya dapat dibeli di salah satu penyedia utama penggunaan mata korektif.

Sindrom penglihatan komputer dapat mempengaruhi orang dari segala usia, namun sangat memprihatinkan bagi anak-anak yang lebih muda. Karena mata mereka belum selesai berkembang, mereka sangat rentan terhadap masalah seperti ini. Penting untuk menekankan pentingnya mengambil jeda reguler dari komputer ke anak-anak Anda, dan membantu mereka menciptakan lingkungan yang mereka perlukan untuk melindungi kesehatan penglihatan mereka.

Ref: https://promodiskons.com/pilihan-kacamata-berkualitas-dan-pelayanan-terbaik-di-optik-tunggal/

Komentar

Posting Komentar